Minggu, 14 Agustus 2016

8 Tips Memilih Franchise Dibawah 5 Juta

Sebagai  seorang Franchisee,Anda tidak boleh terlalu mempercayai informasi dari franchisor sepenuhnya.Sebaiknya anda berhati-hati mempelajari lebil detail tentang informasi yang Anda terima.Dan sebelum anda memilih franchise dibawah 5 juta,sebaiknya Anda membaca 8 tips yang akan saya bagikan dibawah ini sebagai pedoman untuk memulai usaha waralaba.

1.Jangan Mudah percaya dengan brosur yang diberikan franchisor.
Biasanya informasi yang diberikan oleh franchisor cenderung subjektif.Anda harus mencari konsultan yang tahu tentang usaha waralaba dibawah 5 juta yang bisa Anda andalkan dalam memilih usaha waralaba,Yang terpenting carilah informasi waralaba pihak ketiga secara detail.
2.Tentukan tujuan Anda memasuki bisnis franchise.
Tujuan adalah hal yang penting dalam bisnis.Setiap orang pasti memiliki tujuan yang berbeda-beda, Ada yang merintis usaha untuk menjadi seorang entrepreneur dan masih ada banyak tujuan yang lainnya.Tapi yang terpenting adalah jangan mempunyai tujuan semata-mata karena uang,ini tidak seperti anda bekerja dan mendapat gaji tiap bulan.
3.Anda harus memperhatikan tingkat resiko yang ada.
Memilih usaha waralaba bukanlah seperti anda membeli produk yang anda sukai.Karena membeli franchise adalah membeli suatu bisnis yang pastinya ada resiko tersendiri.Cari tahu berapa persen orang yang gagal setiap tahunnya saat membeli usaha waralaba tersebut.
4.Hati-hati dengan faktor subyektivitas dan emosional.
Jangan memiliih usaha waralaba dibawah 5 juta hanya karena faktor emosional.Misalnya karena anda suka hotdod kemudian anda langsung ingin membeli franchise tersebut dan mengabaikan kondisi industri makanan tersebut.
5.Hindari franchisor yang hanya menjual satu produk.
Ketergantungan pada satu produk sangatlah riskan,mengingat tingginya persaingan bisnis.
6.Hindari franchise yang memerlukan banyak karyawan.
Hal ini dikarenakan tingginya biaya yang akan dikeluarkan akan semakin besar.Kemungkinan kesalahan manusianya lebih besar.Pilihlah sistem yang sudah menggunakan mesin.
7.Selidiki berapa banyak franchise yang gagal.
Semakin banyak franchise yang gagal atau semakin banyak cabang usaha yang ditutup berarti menunjukkan usaha waralaba tersebut belum teruji.
8.Pelajari laporan keuangan franchistor.
Franchistor yang baik biasanya akan lebih terbuka dengan laporan keuangannya.Di negara-negara maju,hal ini sudah menjadi tuntutan sesuai dengan peraturan pemerintah dan undang-undang yang berlaku.

Itu beberapa Tips saat memilih usaha waralaba  dibawah 5 juta,Lebih baik anda bersusah payah terlebih dahulu daripada Anda akan menyesal suatu saat nanti. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar